Padangsidimpuan, Jumat, 07 Juni 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (HMP-MBS) menggelar acara Seminar Ekonomi dan Bisnis dngan Tema “Tantangan dan Peluang Bisnis di Era 4.0 Menuju 5.0″, yang diadakan di Gedung Aula Terpadu UIN SYAHADA Padangsidimpuan, kegiatan tersebut¬† dipenuhi oleh semangat para mahasiswa dari berbagai program studi yang hadir untuk mengikuti seminar ekonomi dan bisnis yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Acara ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang dinamika bisnis dalam menghadapi revolusi teknologi yang semakin berkembang.

Narasumber utama acara ini adalah Muhammad Arif, S.E.I., M.A, yang memberikan perspektif berharga tentang peluang dan tantangan yang dihadapi dunia bisnis di masa depan.” Ketua Panitia Pelaksana, Ali Hasan, menyampaikan bahwa peserta dalam acara berjumlah 150 orang dari berbagai Prodi dan mahasiswa juga menunjukkan antusiasme mahasiswa dalam mengeksplorasi topik ini.

Selanjutnya Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Rahmad Alamsyah juga menekankan pentingnya mahasiswa tidak hanya mencari ilmu di dalam kelas, tetapi juga terlibat aktif dalam dunia bisnis. “Mahasiswa bukan hanya mencari ilmu saja, namun harus terjun ke dunia bisnis,” ujarnya. Selanjutnya Plt. Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Idris Saleh, S.E.I., M.E, menyoroti pentingnya memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber. “Mahasiswa harus menyimak dengan seksama apa yang disampaikan narasumber mengenai peluang dan tantangan bisnis ke depan sehingga dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. selanjutnya disambung dalam sambutan Dekan FEBI, Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si, dalam sambutan sekaligus membuka acara seminar menyampaikan bahwa mahasiswa harus banyak membaca buku yang inspiratif, sehingga mahasiswa memiliki inspirasi dimasa mendatang dan mencontoh para inspirator-inspirator tersebut. Apalagi buku tentang pengusaha dan pebisnis. Dekan juga menyampaikan jadilah pebisnis dan jangan bercita-cita jadi PNS, karena PNS itu tua dulu baru kaya, lain halnya dengan pebisnis/pengusaha. Bukan hanya itu saja, mahasiswa harus juga aktif dalam pertemuan ilmiah, seperti seminar hari ini. Galilah sebanyak-banyak ilmu terkait dengan bisnis ini dari narasumber, karena pengalaman dari narasumber sangat bermanfaat karena dibalik narasumber expert dibidang Teknologi, narasumber juga seorang pebisnis,” tegasnya.

Acara ini tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga menjadi momentum bagi mahasiswa untuk merespon tantangan dan peluang bisnis di era yang semakin berkembang ini. Dengan semangat dan pengetahuan yang diperoleh dari seminar ini, diharapkan para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang menginspirasi dan menciptakan inovasi di dunia bisnis masa depan. Writer SSM.