Kamis, 06-10-2022, Padangsidimpuan-Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syahada Padangsidimpuan menggelar sosialisasi administrasi akademik yang dilaksanakan di Kuttab Ma’had Jami’ah pada 4 s.d 5 Oktober 2022. Sosialisais ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih kepada mahasiswa tentang sistem informasi akademik, administrasi akademik dan sekaligus menyampaikan hal-hal yang menyangkut sistem perkuliahan serta informasi lainnya yang mendukung mahasiswa dalam proses pembelajaran sekaligus dalam penyelesaian studi. Kegiatan ini dihadiri oleh dekan FEBI, unsur pimpinan fakultas, dosen dan pegawai yang sekaligus beberapa diantaranya menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut.
Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FEBI Dr. Darwis Harahap, MSi dan sekaligus memberikan arahan dan bimbingan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Dekan melanjutkan agar mahasiswa memahami proses administrasi akademik serta penting untuk mengetahui hak dan kewajiban dalam proses layanan yang diberikan fakultas. Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dalam materinya menyampaikan seputar kurikulum yang digunakan. Sedangkan Dr. Armyn Hasibuan, M.Ag wakil dekan bidang AUPK menyampaikan proses dan prosedur terkait dengan anggaran dan sejumlah administrasi yang ada dibidangnya. Informasi seputar organisasi kemahasiswaan dan sejumlah beasiswa-beasiswa yang tersedia disampaikan dengan lengkap oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan, Dra. Hj. Replita, M.Si.
Untuk berbagai proses yang menyangkut tentang program studi disampaikan dengan sangat detail oleh ketua program studi Ekonomi Syariah, Delima Sari Lubis, MA sekaligus mewakili seluruh kaprodi yang ada di lingkungan FEBI. Dalam materinya, beliau menyampaikan hal-hal yang menjadi tupoksi dari kaprodi sekaligus hal yang menjadi hak mahasiswa. Mulai dari pelayanan konsultasi hal akademik, proses awal mengajukan judul hingga tahapan-tahapan sidang munaqasyah. Sebagai pemateri terakhir, ditutup oleh kasubbag. akademik, Rahmadani Siregar, M.P, yang menyampaikan sejumlah layanan yang dapat diberikan akademik, termasuk surat-menyurat akademik. Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Sehingga para mahasiswa mampu memahami tupoksi masing-masing terutama dalam proses administrasi akademik.